Rabu, 29 Juli 2015

Busway Jakarta (Berangkat)

Busway adalah transport harian ku...
Kantor ku berada di daerah Matraman,  sedangkan tempat tinggal di dekat Asmi.

Ini pengalaman ku berangkat ke kantor di pagi hari.


Nah alternatif busway yang dapat aku gunakan ada 2 neh...
1. Koridor 2,  Pulogadung -  Harmoni
2. Koridor 4, Pulogadung - Dukuh Atas

Biasanya aku berangkat jam setengah 7 dari rumah,  dan nebeng suami ke pulogadung dengan harapan bisa dapat tempat duduk di busway..  Hehe.

Awalnya aku naik koridor 2, turun di Senen,  kemudian lanjut ke Matraman.
Biasanya nyampe kantor jam 8 kurang 15 menit.  Lumayan lah ya..  Sekitar 1 jam 15 menit.
Koridor 2 ini menurut ku,  bus nya paling rame,  dan bus nya ga ada yang gandeng dan banyak bus tua.
Kalo mau dapat tempat duduk di bus ini,  harus rela menunggu sampai antrian mu paling depan.. Antri di halte pulogadung nya,  ya karena disana sudah banyak yang antri.  Sekitar 15 - 30 menit lah waktu menunggu nya.
Kalo aku sech ga pernah nunggu alhasil ya jarang buanget dapat tempat duduk, tapi dapat tempat berdiri di depan orang yang duduk... Ya lumayan lah ya..
Aku pernah juga naik koridor 2 dari Halte Asmi,  eh dapat berdiri nya di tengah.  Ya udah harus siap2 mencium ketek2 orang ini...  Haha.. 
Pernah saking penuh nya,  jangankan mau gerak,  mau putar badan pun ga bisa.

Akhir nya aku pindah koridor 4, karena menemukan busway yang ga pake transit (alias langsung bisa turun di matraman)
Koridor ini bus nya lumayan ga ada yang tua banget,  tapi ga ada yang gandeng.  Alhasil kemungkinan dapat tempat duduk kecil banget.
Bus ini juga penuh banget sampai kadang kasihan liat ketika sampai di halte utan kayu,  mau maksain masuk aja ga bisa, saking penuh nya.
Dan di pulogadung ketika bus baru boleh di masukan penumpang,  WOW.... Yang antri udah seperti mau menerkam orang..  Itu karena semua pada mau rebutan tempat duduk.
Daerah yang macet banget di utan kayu, ga kebayang deh kalau bawa mobil pribadi bisa nyampe jam berapa di kantor.
Kalo busway masih mending karena punya jalur sendiri. 
Perkiraan nyampe di kantor jam setengah 8  berarti sekitar 1 jam di perjalananya.

Setelah 6 bln melakukan rutinitas tersebut,  trus aku pindah tempat tinggal ke buaran.  Kalo dari Pulogadung lebih jauh..
Ya udah pasrah bakal lebih lama di perjalanan ini.
Namun disini ada alternatif busway lain,  yaitu koridor 11 (Pulogebang -  Kampung Melayu)
Kalau mengambil rute ini,  aku harus transit di Kampung Melayu dan lanjut ke jurusan Ancol.. (turun di Matraman)
Karena lokasi tempat tinggal ini lebih dekat ke kantor suami,  jam berangkat ku lebih siang sedikit deh jam 8 kurang 15 menit.
Dan alhasil...
Ini dia neh baru busway yang TOP,  bus nya baru,  gandeng semua,  sering lewat,  dan aku sering dapat tempat duduk..  Padahal aku naik di halte ke 5 nya (Flyover Raden Inten)
Nyampe kantor nya jam 8 kurang 15 menit.
Sekitar 1 jam,  ya sama dengan koridor 4.
Tapi ini benar-benar recommended jurusan deh..

Sekian dulu ya..
Nanti lanjut dengan kisah perjalanan busway di jam pulang kantor ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar